>profil perusahaan Energen <
★Visi dan misi PT Mayora Indah Tbk:
1. untuk terus meningkatkan posisi kompetitif dalam kategori.
2. untuk membangun merek yang kuat dan saluran distribusi di semua lini.
3. untuk menyediakan lingkungan kerja yang menantang ,menyenangkan dan menguntungkan secara finansial di mana persaingan yang adil dan sikap bertanggung jawab didorong cara sosial dan ramah lingkungan.
4.untuk membawa nilai-nilai kepada stakeholder dengan mengamankan pertumbuhan dsan struktur keuangan yang kuat di industri .
>Sejarah perusahaan PT Mayora Indah Tbk
PT Mayora Indah Tbk atau Mayora group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 14 Juli 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT. Unita barindo sebanyak 32, 93% .
PT Mayora Indah Tbk didirikan dengan akta nomor 204 tanggal 17 Februari 1977 dari notaris Poppy Savitri parmanto SH . sebagai pengganti dari notaris Ridwan Susilo SH. Akta pendirian ini telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan surat keputusan No.Y.A.5/5/24 tanggal 3 Januari 1978 dan telah didaftarkan pada kantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Tangerang No.2/PNTNG/1978 tanggal 10 januari 1978. Anggaran dasar perusahaan telah mengalami beberapa kali perubahan yang terakhir dengan akta notaris Adam Kasdarmadji SH. No.448 tanggal 27 Juni 1997, antara lain mengenai maksud dan tujuan perusahaan. Akta perubahan ini telah mendapat persetujuan dari Menteri kehakiman Republik Indonesia dalam surat keputusan No.C2-620.HT.01.04.TH98 tanggal 6 februari 1998.
Perusahaan ini berdomisili di Tangerang dengan pabrik berlokasi di Tangerang dan Bekasi , kantor pusat perusahaan berlokasi di gedung Mayora, Jalan Tomang Raya No. 21-23,Jakarta. Sesuai dengan pasal 3 anggaran dasar perusahaan ruang lingkup kegiatan perusahaan adalah menjalankan usaha dalam bidang industri, perdagangan serta agen atau perwakilan. Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada bulan Mei 1978, dan jumlah karyawan perusahaan dan anak perusahaan ingat saat ini sebanyak 5300 karyawan.Didukung oleh distribusi yang kuat produk PT Mayora Indah Tbk tidak hanya ada di Indonesia namun juga dapat kita jumpai di negara seberang lautan seperti Malaysia, Thailand , Filipina, Vietnam ,Singapura ,Hongkong, Saudi Arabia, Australia, Afrika ,Amerika dan Itali.
PT Mayora Indah Tbk dan entitas anak memproduksi dan secara umum klasifikasi produk yang dihasilkan ke dalam 6 definisi yang masing-masing menghasilkan produk berbeda. yaitu sebagai berikut:
1.Biskuit
2.Kembang gula
3.Wafer
4.Coklat
5.kopi
Hingga saat ini PT Mayora Indah Tbk sering meluncurkan produk produk baru yang berkualitas Seperti contohnya Energen. berikut ini nama perusahaan dan alamat pabrik membuat Energen sebagai berikut:
Nama perusahaan : PT.Mayora Indah Tbk
Alamat kantor : gedung Mayora group headquarter, Jalan Daan ,Mogot km .18 ,
Cengkareng ,Jakarta 11840 - Indonesia
alamat pabrik : PT Kakao Mas Gemilang Jalan Daan Mogot km 19, Batu Ceper ,Tangerang
No.telp : (021)5655322
No.fax : (022)5655323
>Definisi Energen
Energen merupakan minuman sehat dengan susu bergizi yang dapat meningkatkan gizi dalam tubuh kita . karena mengandung Susu ,Telur ,sereal dan sigmavit yang menambah asupan gizi dalam tubuh. Energen bisa dikonsumsi kapan saja dan dimana sajadan juga Energen juga bisa dikonsumsi pada saat sarapan pagi karena energi mengandung gandum yang memiliki karbohidrat untuk menghilangkan rasa lapar . Karena fakta yang terjadi di lingkungan masyarakat bahwasanya manusia sering merasakan lapar dan di waktu waktu tertentu dan pada waktu tersebut Mereka ingin mengkonsumsi makanan yang cepat ,sehat ,dan mudah untuk dikonsumsi dimanapun dan kapanpun mereka inginkan , khususnya untuk sarapan di pagi hari .maka PT Mayora Tbk menciptakan produk Energen untuk membantu masyarakat atau mempermudah masyarakat dalam mempersiapkan konsumsi untuk sarapan di pagi hari.
>varian rasa energen:
1. Energen rasa vanila
Rasa vanila memiliki aroma dan cita rasa yang khas yang dapat menenangkan pikiran atau rileksasi.
2. Energen rasa coklat
Rasa coklat mengandung vitamin yang tinggi yang dapat digunakan sebagai rileksasi untuk menghilangkan steres.
3. Energen rasa kacang hijau
Rasa kacang hijau yang memiliki serat yang dapat menjaga sistem pencernaan dalam tubuh kita.
4. Energen rasa jagung
Rasa jagung yang memiliki bulir jagung asli yang kaya akan kalori dapat membuat kamu kenyang lebih lama
5 . Energen rasa jahe
rasa jahe berkhasiat yaitu menghangatkan tubuh dan berkembang sistem imunisasi dalam tubuh kita
8. Energen go fruit
Selain membuat kita kenyang lebih lama, Energen go Fruit mengandung vitamin yang tinggi untuk menjaga kekebalan tubuh kita .
7. Energen rasa oatmilk
Energen Oat Milk yang terbuat dari oats alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sumber energi, serta membantu dalam proses pencernaan Mengandung buah buah asli dengan semua kebaikan nya seperti strawberry ,blueberry, dan pisang. Dan mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.
Dan juga susu yang rendah lemak dengan kalsium tinggi untuk kesehatan tulang, serta tanpa tambahan gula.
Energen Oat Milk sangat mudah dikonsumsi hanya dengan mencampurkan satu sachet Energen Oat Milk dengan 100 ml air panas.Anda siap menikmati hidup sehat dengan rasa yang lebih enak dan juga praktis, konsumsi Energen setiap hari dan nikmati hidup yang lebih sehat.
> Manfaat energen:
1. sebagai sumber energi di pagi hari
2. Sebagai pencegah makan berlebihan yang membuat kalori berlebihan
3. sebagai pencegah penyakit maag dan lainnya
4. Membantu menjaga mood
5. Meningkatkan daya fikir dan fokus
6. Sebagai penunda lapar di pagi hari
>komposisi dari Energen yaitu :
1.gula ,
2.Creamer ,
3. susu bubuk,
4. terigu,
5. Kakao bubuk ,
6. jagung,
7. oat,
8. ekstrak malt,
9. telur,
10.garam,
11.kalsium,
12.vitamin,
13. Dan juga tambahan ekstrak dari semua varian.
>Informasi nilai gizi (per sajian):
- Takaran saji : satu sachet (30g)
- Energi total : 130 KKal
- Energi dari lemak: 30 KKal
- Lemak total : 3,5g ,6% AKG
- Lemak jenuh : 1,5g ,8% AKG
- Kolesterol : 0,0%
- Protein : 1g , 2% AKG
- karbohidrat total :24g , 8% AKG
- serat pangan : 1g ,4% AKG
- Gula : 18g
- Natrium : 140mg , 6% AKG
- vitamin A : 30% AKG
- Vitamin B1 : 15% AKG
- VitaminB2 : 10% AKG
- Vitamin B6 : 20% AKG
- Vitamin B12 : 25% AKG
- Vitamin D : 15% AKG
- Vitamin E : 15% AKG
- Asam Folat :15% AKG
- Kalsium : 20% AKG
> Cara penyajian energen sebagai berikut:
1. tuangkan Energen ke dalam gelas,
2. tambahkan 150 ML air hangat , Aduk hingga rata,
3.Energen hangat siap diminum .
> Analisis 4P antara lain:
1.product (produk)
Seperti yang kita ketahui, sarapan sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun minimnya waktu dan padatnya kegiatan membuat kita sulit meluangkan waktu untuk sarapan di pagi hari . Kesempatan ini dibuat peluang oleh PT Mayora Indah Tbk , dengan mengeluarkan terobosan sarapan yang praktis untuk mengganjal perut di pagi hari bagi masyarakat Indonesia. Terutama untuk para ibu yang juga menjadi wanita karir. Ini dapat mempermudah para ibu untuk menyiapkan sarapan pagi untuk keluarganya .
Mengambil peluang yang ada PT Mayora membuat sebuah produk yaitu Energen .Energen adalah minuman sereal bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna dan juga dilengkapi dengan nutrisi essential atau gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh . Dengan nutrisi susu, gandum pilihan yang berkualitas , serta kacang hijau alami yang memiliki banyak nutrisi seperti vitamin B kompleks dan vitamin E. Energen sereal juga dilengkapi dengan berbagai varian rasa seperti :rasa coklat ,vanila kacang hijau ,jahe dan jagung.
2.Price( harga)
Harga yang ditawarkan untuk Energen sereal ini sangatlah ekonomis. Energen dapat dibeli dalam satuan ataupun rencengan . sehingga dengan sangat mudah untuk didapat di oleh masyarakat Indonesia dengan harga per sachet yaitu Rp.1500, jadi tidak perlu merogoh kocek yang sangat dalam untuk membeli Energen.
3. Promotion (promosi)
Dalam meningkatkan penjualan produksinya PT Mayora Indah Tbk memasarkan suatu produknya yaitu Energen melalui perantara. dengan mencoba menyesuaikan saluran distribusi dengan kebutuhan pelanggan, PT Mayora Indah Tbk menjual Energen pada segmen awal yaitu lewat perantara rumah sakit. untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan sarapan yang bergizi dan sehat yang bisa dikonsumsi ketika sakit. Segmen kedua melalui perantara tempat-tempat perkantoran yang menyediakan fasilitas umum bagi pegawai nya dan untuk melebarkan sayap dalam menarik hati para konsumen PT Mayora Indah Tbk, serta mempromosikan produk Energen melalui beberapa media seperti iklan ,berita acara ,televisi ,majalah ,dan aktif mendirikan stand di wberbagai kegiatan di berbagai daerah.
4. Place (tempat)
Seperti yang sudah dipaparkan dalam promosi, selain menggunakan perantara rumah sakit dan perkantoran cara mendistribusikan produk Energen juga dengan memasukkan keberbagai agen besar dan warung-warung kecil melalui sales ,guna dengan mudah produk tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat.
>PLC (daur hidup produk)
Dari awal perkenalan produk yang di pada tahun 1961 Energen menjadi pelopor minuman serial. Energen sempat mengalami penjualan yang stagnan di tahun 2003. saat itu sepinya pasar serial lantaran minusnya promosi dari berbagai brand . Namun sebagai pelopor minuman serial PT Mayora Indah Tbk tidak goyah akan situasi seperti itu. Iya memperkuat Energen dengan membuat tagline "minum makanan bergizi" dan gencar melakukan promosi di berbagai media dan juga menggunakan salah satu promosi andalan mereka yaitu sampling sehingga konsumen bisa merasakan sendiri dasar dan kualitas Energen.
Dan sampai saat ini ini Energen sudah berada pada tahap dewasa di mana mudah ditemui di warung-warung , agen ,ataupun supermarket yang ada di sekitar kita dan konsumen pun sudah percaya akan cita rasa dan kualitas pengertian sebagai pengajar lapar di perut.
> Analisis STP (Segmentation,Targeting,postioning)
1. Segmentation (segmentasi)
Penempatan dalam pemasaran Energen ini tidak membeda-bedakan pasar .karena serial ini tidak hanya untuk dinikmati oleh kalangan muda ,tua ,anak-anak ,dan yang kita ketahui produk Energen dengan mudah ditemui di warung-warung kecil ,di supermarket di sekitar lingkungan kita .
2. Targeting ( penargetan )
Target produk awalnya ditunjukkan kepada ibu rumah tangga yang juga sebagai wanita karir. yang kita bisa lihat dari iklan Energen sendiri bahwasanya kepadatan pekerjaan seorang wanita karir sulit untuk mengeluarkan waktu menyiapkan sarapan untuk keluarganya . namun tidak berfokus dari itu target market sendiri juga ingin menyentuh seluruh masyarakat Indonesia. bahkan mungkin juga sudah memasuki pasar yang ada di Filipina .
3. Potioning (memposting)
Energen adalah sereal yang praktis dan enak untuk dikonsumsi oleh kalangan apapun Baik yang dewasa ,muda ,dan juga anak-anak dengan kemasan yang praktis ,membuat energen menjadi produk produk yang diandalkan oleh masyarakat untuk mengganti menu sarapan di pagi hari . dengan menggunakan "minuman makanan bergizi " pada iklannya ,membuat keyakinan masyarakat bahwasanya Energen ini mempunyai kualitas yang baik untuk dikonsumsi. dan didukung dengan harga yang ekonomis, membuat energi bisa dijangkau oleh masyarakat bawah, menengah, dan atas.
>Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan cara yang sistematis dalam melakukan analisis terhadap wujud ancaman dan kesepakatan agar dapat membedakan keadaan lingkungan yang akan datang sehingga dapat ditemukan masalah yang ada .dari analisis SWOT perusahaan dapat menentukan strategi efektif dengan memanfaatkan kesempatan yang dilandaskan pada kekuatan yang dimiliki perusahaan,mengatasi ancaman yang datang dari luar serta mengatasi kelemahan yang ada .
1. Strenght (kekuatan)
Selain memiliki cita rasa yang enak Energen juga terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas . Serta kekuatan yang membuat Energen mampu menguasai pasar adalah insight yang kami Terus gali. Kami menemukan insight dengan bertemu langsung kepada konsumen (door to door) dan mengobrol bersama konsumen. ini lebih mampu memperlihatkan apa yang menjadi kebutuhan konsumen dibandingkan kami hanya melihat data untuk mengenali insight ,jelasnya.
Iya menekankan bahwa pihaknya harus memilih mengangkat apa yang menjadi kekhawatiran dan kebutuhan masyarakat salah satunya adalah pemenuhan gizi setiap hari. untuk itu Energen membuat produk sereal untuk anak-anak hingga dewasa yang menginginkan asupan praktis tanpa menyebabkan nilai gizi. Energen pun menghadirkan berbagai rasa yang disukai konsumen seperti coklat ,kacang hijau, vanilla jagung dan jahe. hal tersebutlah yang menyebabkan energi yang tetap dicintai oleh masyarakat Dari dulu hingga sekarang. itulah kekuatan terbesar yang dimiliki produk Energen.
2.Weaknees (kelemahan)
Kelemahan yang dialami oleh produk Energen yaitu pasokan bahan baku gandum yang harganya tidak menentu. Dan konsumen cenderung memilih produk lain untuk dikonsumsi karena isi dari Energen per sachet nya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya setiap pagi maupun sehari-hari.
3.opportunities (peluang)
Peluang yang didapatkan oleh produk Energen yaitu selain pasokan bahan baku yang mudah didapat karena Mengingat bahwa negara Indonesia merupakan negara tropis. Yang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah contohnya kacang hijau , vanili ,coklat ,jagung dan juga jahe . Yang merupakan bahan bahan dasar pembuatan Energen. dan juga berita tentang kurangnya gizi dalam tubuh masyarakat Indonesia ,yang membuat peluang tersendiri pada produk Energen untuk terus melambung dan terus terus memberikan inovasi inovasi baru dalam segi konsumsi, yang memiliki nilai gizi yang tinggi untuk menambah kesehatan dalam tubuh masyarakat Indonesia.
4. Threts (ancaman)
Ancaman dari produk Energen yaitu semakin bertambahnya pesaing dalam dan juga banyak produk-produk yang mengikuti atau menyamai produk Energen.
>Posisi pasar
Dalam posisi pasar yang berada di mixed cereal. Energen sendiri menguasai pangsa pasar 50%. selain menjadi populer juga sebagai pemimpin. ia tidak mengikuti ataupun meniru produk lain karena PT Mayora sendiri menciptakan yang dikenal sebagai pelopor minuman sereal yang praktis .
>Sistem Penjualan energen
penjualan energin yang tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga sampai ke Filipina yang sebagai target di luar negeri. Selain itu PT Mayora Indah juga menjual produk Energen di dalam negri mulai dari agen agen besar,supermarket ,dan warung warung kecil di berbagai daerah.
Bahasa penyampaian di iklan energen cereal jahe menurut saya ada yang janggal
ReplyDeletethankyouuu
ReplyDeleteKapan produk Energen pertama di luncurkan? Please jawab!
ReplyDeletePada tahun 1961
DeleteTerimakasih infonya
ReplyDeletesenyumnya kurang manis mas
ReplyDeleteHalo, mau tanya apakah Energen Oat milk berries dan banana, tidak diproduksi lagi? Soalnya di Manado sdh tidak ada stoknya
ReplyDeleteSaya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
ReplyDelete